5 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil –  Selamat datang di situs kesehatan herbalkamil.com. Pada situs ini Anda akan mendapatkan informasi tentang semuta tentang herbal dan kesehatan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Semangka memiliki rasa yang menyegarkan, dan memanjakan mulut. Tidak hanya itu saja, ternyata buah semangka memiliki manfaat untuk ibu hamil. Lalu apa saja manfaatnya ? mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

Sekilas tentang semangka

Semangka atau buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus merupakan salah satu tanaman yang tumbuhnya merambat, tanaman ini berasal dari Arifa pada bagian selatan. Tanaman ini memiliki buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan, tidak hanya itu, buah semangka ini juga memiliki kandungan gizi yang begitu banyak. Sehingga semangka memiliki manfaat untuk kesehatan lebih khususnya untuk ibu hamil.

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan inti tentang manfaat buah semangka untuk ibu hamil, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat pada buah semangka. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Fakta Gizi Semangka

Semangka kebanyakan terdiri dari air (91%) dan karbohidrat (7,5%). Ini mengandung hampir tidak ada protein atau lemak, dan sangat rendah kalori.

Tabel di bawah ini berisi informasi tentang semua nutrisi utama dalam semangka.

Fakta Nutrisi: Semangka, mentah – 100 gram

Jumlah
Kalori 30
air 91 %
Protein 0,6 g
Karbohidrat 7,6 g
Gula 6,2 g
Serat 0,4 g
Lemak 0,2 g
Jenuh 0,02 g
Tak jenuh tunggal 10.0 mg
Kalsium 0,05 g
Omega 3 0 g
Omega-6 0,05 g
Vitamin A 876 IU
Vitamin C 12.5 mg
Vitamin E 0.1 mg
Vitamin K 0.2 mg
Vitamin B6 0.1

Dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada buah semangka, maka membuat buah semangka memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lebih khusunya untuk ibu hamil.

Khasiat semangka untuk ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil:

1. Membantu mencegah terjadinya pigmentasi

Manfaat semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat membantu mencegah dari terjadinya pigmentasi. Walaupun penyebab pigmentasi belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar pigmentasi disebabkan oleh peningkatan kadar hormon.

Dengan mengkonsumsi semangka, Anda dapat sedikit terhindar dari kondisi pigmentasi. Semangka dapat meperlancar pencernaan makanan dan juga menjaga usus halus. Kedua kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pigmentasi dan kulit Anda akan tetap halus.

2. Meningkatkan energi ibu hamil

Seorang ibu hamil membutuhkan energi yang lebih dari cukup. Dengan kebutuhan tersebut,  mengkonsusi semangka dapat menjadi salah satu solusinya untuk mendapatkan energi yang banyak untuk tubuh.

Buah semangka telah terbukti memiliki banyak sekali kandungan yang dapat meningkatkan energi seorang ibu hamil, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, dimana kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan energi secara alami untuk tubuh.

Mungkin Anda menyukainya:
Apa manfaat buah apel untuk ibu hamil ?

3. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan. Jika seorang yang ibu hamil mengalami dehidrasi, maka ini akan menjadi suatu kondisi yang berbahaya. Salah satu akibatnya adalah dapat menyebabkan kontraksi prematur atau bahkan dapat menyebabkan lahiran secara prematur.

Semangka memiliki 90% kandungan air di dalamnya, dengan begitu, semangka dapat mencegah seorang ibu hamil kekurangan cairan di dalam tubuhnya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah semangka memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satu kandungan zat yang terdapat di dalamnya adalah lycopen.

Lycopen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, baik itu jantung orang yang mengandung maupun jantung janin yang berada di dalam kandungannya.

5. Membantu mencegah kram otot

Ketika seseorang sedang hamil, maka mulai dari awal fase kehamilan sampai fase melahirkan, tubuh seorang wanita hamil akan banyak mengalami perubahan.

Salah satu peruabahan yang terjadi adalah peningkatan produksi hormon dan berat badan bertambah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tulang terasa sakit dan juga kram. Tetapi seorang ibu hamil yang suka memakan buah-buahan seperti halnya memakan buah semangka, maka gejala-gejala sakit tulang dan kram otot akan sedikit diminimalisir.

Itulah penjelasan tentang 5 manfaat buah semangka untuk ibu hamil, jika artikel ini bermanfaat, silahkan share dan bagikan ke sosial media Anda.

Ditulis oleh:
herbalkami.com

Referensi:
hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/buah-sehat/manfaat-semangka-untuk-ibu-hamil
azzamaviero.com/manfaat-buah-semangka-bagi-ibu-hamil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *