3 Tanaman Herbal Untuk Diabetes

Tanaman herbal untuk diabetes – Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Diabetes bisa terjadi pada saat tubuh seseorang memiliki kandungan kadar gula yang terlalu tinggi.

Terlebih khususnya untuk negara Indonesia, penyakit ini benar-benar harus diperhatikan. Karena menurut sebuah fakta Indonesia termasuk ke dalam salah satu dari 1o negara penderita diabetes paling banyak di seluruh Dunia.

Bahkan menurut data kementrian kesehatan yang diproleh dari hasil sample ‘Registration Survey pada 2014’ data tersebut menunjutkan bahwa penyakit diabetes merupakan penyakit penyebab kematian terbesar setelah stroke, dan jantung koroner. Persentase kematian yang disebabkan oleh diabetes adalah sebesar 6,7%.

Menurut data terbaru yang dikeluarkan oleh IDF (International Diabetes Federation) Atlas yang data tersebut dikeluarkan pada tahun 2017 mengatakan bahwa Indonesia menduduki peringka ke-6 dunia penderita diabetes terbanyak di dunia. Persentase jumlah penderita diabetes di Indonesia sebanyak 10,3 juta jiwa.

Tanaman Herbal Untuk Diabetes

Untuk mengatasi diabetes, Anda apat memilih beberapa jenis pengobatan. Selain melakukan pengobatan dengan obat-obatan medis, Anda juga dapat mengatasi penyakit diabetes secara alami dengan tanaman herbal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas sedikit tentang tanaman herbal untuk diabetes yang dapat Anda gunakan dan sangat mudah dicari. Berikut ini adalah 24 tanaman herbal untuk diabetes:

1. Daun Mangga

Tanaman herbal untuk diabetes yang pertama adalah tanaman mangga. Selain memiliki buah yang manis dan sangat lezat untuk dikonsumsi, ternyata salah satu bagian dari tanaman mangga ini dapat dijadikan sebagai herbal alami untuk mengatasi diabetes. bagian daun dari tanaman mangga akan sangat bermanfaat dalam mengatasi diabetes karena:

  • Di dalam daun mangga memiliki kandungan senyawa tannin, dimana kandungan senyawa aktif tersebut dapat mengobati diabetes pada fase-fase awal.
  • Selain memiliki kandungan senyawa tanin, daun manga juga memiliki kandungan senyawa tarakserol-3 beta dan juga etil asetat. Yang mana kandungan tersebut akan mempertahankan jumlah produksi hormon insulin yang tetap stabil, sehingga kadar gula darah di dalam tubuh dapat terkontrol dengan normal.

Untuk menggunakan daun mangga sebagai obat obat untuk mengatasi diabetes secara alami sangat mudah. Anda hanya perlu untuk  menyiapkan 2-3 helai daun manga, setelah itu daun mangga direndam pada secangkir air, kemudian diamkan rendaman daun mangga tersebut selama 12 jam.

Setelah 12 jam, Anda hanya perlu menyaring daun mangga dan meminum ramuan herbal alami daun mangga tersebut secara rutin dan juga teratur.

2. Daun Salam

Tanaman herbal untuk diabetes yang kedua adalah daun salam. Daun salam dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk membantu mengatasi diabetes secara alami.

Tanaman ini juga biasanya sering dijadikan sebagai rempah-rempah penyedap makanan. Tetapi ternyata sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes. Daun salam memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes, karena:

  • Di dalam daun salam terdapat kandungan senyawa aktif seperti eugenol, tannin, dan kandungan senyawa flavonoid. Dimana kandungan-kandaungan senyawa tersebut dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh secara cepat.
  • Selain itu, daun salam juga mampu untuk memperlancar peredaran darah sehingga dapat memaksimalkan pengubahan glukosa yang terdapat di dalam tubuh menjadi energi.

Jika Anda ingin mencoba untuk menggunakan daun salam sebagai ramuan herbal alami untuk mengatasi diabetes, caranya sangat mudah. Anda cukup menyiapkan daun salam sebanyak 5-7 helai. Setelah daun salam sudah siap dan dibersihkan, rebus daun salam tersebut ke dalam 3 gelas air.

Diamkan sampai air tersisa 1 gelas, setelah rebusan daun salam tersebut sudah dingin, Anda dapat mengkosumsi ramuan tersebut secara rutin dan juga teratur.

3. Daun Pegagan

Tanaman herbal untuk diabetes yang kedua adalah daun pegagan. Daun pegagan merupakan daun yang sering digunakan sebagai bahan poko produk herbal, hal itu tidak heran karena daun pegagan memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun daun pegagan adalah untuk membantu mengatasi masalah diabetes. Berikut ini adalah penyebab daun pegagan dapat membantu untuk mengatasi diabetes:

  • Di dalam daun pegagan memiliki kandungan senyawa aktif dan salah satunya adalah kandungan senyawa tannin. Dimana kandungan tersebut dapat membantu mengatasi penyakit diabetes pada saat fase-fase awal.
  • Selain mengandung tanin, Daun pegagan juga memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengatasi diabetes secara alami.

Jika Anda ingin menggunakan daun pegagan obat herbal alami untuk mengatasi diabetes. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan 2-4 helai daun pegagan, setelah itu rebus kedalam air sebanyak 2 gelas. Rebus daun pegagan tersebut sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu, saring dan tunggu air rebusan tersebut hingga dingin lalu minum sebanyak 2 kali sehari.

Itulah penjelasan tentang tanaman herbal untuk diabetes yang dapat Anda coba. Sampai disini untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ditulis oleh:
Herbal Kami

Baca juga:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *